Tips Jitu Berinvestasi Kripto untuk Pemula

Avatar photo

S. Ikrar

Tips Jitu Berinvestasi Kripto untuk Pemula

Kripto telah menjadi pilihan investasi favorit di kalangan generasi baru. Populernya investasi ini dikarenakan potensinya yang dianggap bisa memberikan keuntungan besar dalam waktu cepat. Banyak yang memilih kripto sebagai sarana untuk memperbanyak harta.

Teknologi blockchain yang melandasi mata uang digital ini menjamin keotentikannya sehingga sulit untuk diubah atau dipalsukan. Seperti mata uang pada umumnya, kripto juga memiliki volatilitas dalam harganya. Banyak negara kini telah menerima kripto sebagai metode pembayaran yang legal.

Bitcoin (BTC) merupakan salah satu kripto yang sangat dikenal. Pada 12 November 2021, BTC dihargai Rp913,9 juta. Namun, pada Oktober 2022, BTC memiliki rentang harga antara Rp290 juta hingga Rp301 juta.

Volatilitas harga ini tentunya bisa menjadi pedang bermata dua, terutama bagi para investor pemula di dunia kripto. Oleh karena itu, penting bagi investor untuk mengetahui kelebihan dan cara berinvestasi kripto dengan benar. Berikut beberapa keuntungan dari investasi kripto:

1. Akses Mudah

Ada banyak platform daring yang memudahkan pembelian dan penjualan aset kripto. Kripto juga dapat segera dikonversi.

2. Tengah Populer

Ketertarikan pada investasi kripto semakin tumbuh. Hal ini memberi peluang bagi investor pemula untuk belajar lebih banyak. Banyak sumber informasi yang bisa diakses, mulai dari situs, webinar, hingga pendapat ahli.

3. Bervariasi

Puluhan ribu jenis kripto tersedia di pasar dengan nilai dan harga yang beragam. Beberapa di antaranya memiliki nilai yang stabil, menjadikannya pilihan investasi yang menarik.

4. Potensi Pertumbuhan Cepat

Salah satu daya tarik kripto adalah kemampuannya untuk meningkat signifikan dalam waktu singkat. Ini bisa menjadi kesempatan bagi investor pemula untuk mendapat keuntungan besar jika memilih kripto yang tepat.

Baca Juga:  Mengerti Trading Saham dan Bagaimana Cara Kerjanya

Tips Bermain Crypto untuk Pemula

Setiap bentuk investasi tentunya datang dengan risikonya sendiri, tak terkecuali dengan investasi mata uang kripto. Sebagai calon investor, penting untuk memahami setiap langkah yang perlu diambil agar dapat memaksimalkan keuntungan. Inilah beberapa panduan untuk pemula dalam berinvestasi crypto:

1. Gunakan Platform Terpercaya

Cari platform digital yang sudah mendapat pengesahan dari Badan Pengawas Perdagangan Berjangka Komoditi, contohnya PINTU. Dikembangkan oleh PT Pintu Kemana Saja, aplikasi ini menawarkan antarmuka yang ramah pengguna serta berbagai konten edukatif yang membantu pemahaman investor, baik pemula maupun berpengalaman. PINTU juga menawarkan fitur-fitur menarik seperti Pintu Earn, Referral System, PTU Stalking, dan Pintu Kelas Academy. Dengan lebih dari 120 jenis mata uang kripto yang tersedia, PINTU memudahkan aktivitas trading Anda.

2. Buka Akun Trading

Sebelum memulai, Anda perlu membuat akun. Pada tahap ini, informasi seperti nama, alamat email, identitas diri, dan tanda tangan digital diperlukan.

3. Lakukan Deposit

Untuk memulai pembelian, Anda harus melakukan deposit. Hal yang harus diperhatikan adalah menentukan jumlah deposit yang sesuai dengan kemampuan finansial Anda. Jangan terlalu berlebihan namun juga jangan terlalu sedikit agar potensi keuntungan tetap maksimal.

4. Pahami Karakteristik Aset

Setiap mata uang kripto memiliki ciri khas masing-masing. Pelajari seluk-beluk serta tren dari aset yang Anda minati. Anda dapat mencari informasi melalui berbagai sumber atau berkonsultasi dengan para ahli.

5. Bertindak dengan Pertimbangan

Karena fluktuasi nilai mata uang kripto yang dinamis, jangan tergesa-gesa dalam mengambil keputusan. Saat aset Anda mengalami penurunan, pertimbangkan waktu yang tepat untuk menjual atau menahan.

6. Diversifikasi Investasi Anda

Meskipun mata uang kripto menjadi sorotan, jangan abaikan instrumen investasi lainnya. Menyebar investasi dapat membantu dalam mengurangi risiko.

Baca Juga:  Mengenali Resiko dalam Investasi Saham dan Bagaimana Menghadapinya

7. Gunakan Dana yang Tersedia

Karena risiko yang tinggi, hindari menggunakan dana darurat atau uang yang diperuntukkan untuk kebutuhan sehari-hari. Alokasikan dana yang benar-benar Anda siapkan khusus untuk investasi. Pastikan kebutuhan dan kewajiban finansial Anda terpenuhi sebelum berinvestasi.

PINTU menjadi jembatan yang menghubungkan Anda dengan dunia investasi mata uang kripto. Dengan informasi dan fitur yang disediakan, menjadikan perjalanan investasi Anda lebih lancar dan menyenangkan.

Bagikan

Tags

Rekomendasi