19 Destinasi Wisata Pilihan di Luwu Utara

Avatar photo

S. Ikrar

Destinasi Wisata Pilihan di Luwu Utara

Temukan pesona Luwu Utara melalui destinasi wisata pilihan yang memikat, menggabungkan keindahan alam yang menakjubkan, warisan budaya yang kaya, dan pengalaman lokal yang tak terlupakan.

Luwu Utara, yang juga dikenal sebagai Bumi Lamaranginang, menawarkan serangkaian tempat wisata alam dan budaya yang tak kalah menarik. Bagi Anda yang berencana berkunjung ke daerah ini, berikut beberapa destinasi wisata pilihan di Luwu Utara yang dapat Anda pertimbangkan:

1. Pegunungan Limbong

Bagi Anda yang gemar petualangan alam, Pegunungan Limbong merupakan destinasi yang wajib Anda kunjungi. Dikenal sebagai salah satu keajaiban alam di Luwu Utara, pegunungan ini menawarkan panorama luar biasa berupa pegunungan berbaris dengan latar belakang persawahan hijau milik penduduk setempat.

Berada jauh dari hiruk pikuk kota, udara segar tanpa polusi menambah keistimewaan tempat ini. Meski letaknya cukup terpencil, akses menuju Pegunungan Limbong cukup mudah, baik dengan kendaraan pribadi atau transportasi umum seperti ojek.

Lokasinya berada di Desa Limbong, Kecamatan Rongkong. Yang menarik, Anda tidak perlu mengeluarkan biaya untuk menikmati keindahan tempat ini.

2. Air Terjun Bantimurung Bone-Bone

Air Terjun Bantimurung Bone-Bone
Foto: Google Maps/Akbar Mappagau

Salah satu permata alam di Luwu Utara, Air Terjun Bantimurung Bone-Bone menyuguhkan pemandangan air terjun setinggi 15 meter dengan kolam alami di bawahnya. Kolam tersebut bisa menjadi tempat yang menyenangkan untuk berenang atau hanya sekedar berendam, namun selalu waspada karena kedalamannya cukup signifikan.

Di sini, Anda bisa menikmati kesegaran alam dengan pepohonan yang tumbuh subur di sekitar air terjun. Fasilitas pendukung seperti gazebo, kamar mandi, mushola, tempat parkir, dan penginapan tersedia untuk menambah kenyamanan Anda selama berkunjung.

Lokasi air terjun ini terletak di Desa Bantimurung, Kecamatan Bone-Bone. Akses menuju tempat ini bisa dilakukan
dengan motor atau mobil.

Berbagai keindahan alam dan keunikan budaya yang dimiliki Luwu Utara siap memanjakan mata dan hati Anda. Pastikan untuk menambahkan destinasi-destinasi di atas dalam daftar kunjungan Anda saat berada di Luwu Utara!

3. Air Terjun Sarambu Alla

Tersembunyi di tengah hutan alami Kabupaten Luwu Utara, Air Terjun Sarambu Alla menjadi surga bagi pecinta alam. Di kawasan ini, Anda bisa menyaksikan berbagai flora dan fauna hutan seperti burung, kupu-kupu, dan capung. Area di sekitar air terjun dipenuhi pepohonan liar dan bebatuan besar, menjadikannya tampil eksotik dan mempesona. Sumber airnya berasal dari Sungai To’Nangka, dengan air yang tampak jernih dan menyegarkan. Fasilitas di sini mencakup gazebo, toilet, ruang ganti, dan beberapa warung kecil. Biaya masuk sangat terjangkau, hanya Rp 5.000 – Rp 10.000 per orang. Lokasi air terjun ini berada di Desa Kalotok, Kecamatan Sabbang.

Baca Juga:  8 Destinasi Tersembunyi di Lombok yang Wajib Anda Kunjungi!

4. Bukit Wakatar

Bukit Wakatar menawarkan pengalaman berkemah yang tak terlupakan. Di sini, ada 10 pondok siap huni dan 70 spot berkemah dengan fasilitas penerangan dari PLN. Toilet dan mushola juga tersedia untuk kenyamanan pengunjung. Dari bukit, Anda bisa menikmati pemandangan alam dengan latar pepohonan pinus yang rindang. Lokasinya cukup dekat dengan Masamba, ibukota Luwu Utara, tepatnya di Desa Limbong, Kecamatan Rongkong.

5. Pemandian Alam Tamboke

Sungai Tamboke menawarkan kesegaran alami dengan airnya yang jernih dan bersih. Selain berenang, Anda bisa piknik atau berfoto bersama keluarga dan teman-teman. Meski gratis, ada beberapa fasilitas berbayar seperti penyewaan alat bermain. Beberapa pondok juga tersedia dengan tarif sekitar Rp 50.000. Lokasi ini mudah diakses, baik dengan kendaraan umum maupun pribadi, berada di Desa Tamboke, Kecamatan Sukamaju.

6. Taman Lestari Sulikan

Terletak di hati Kota Masamba, tepatnya di pinggir Sungai Masamba, Taman Lestari Sulikan menjadi favorit bagi warga lokal, terutama saat sore hari. Taman ini dilengkapi dengan berbagai fasilitas bermain untuk anak-anak dan spot jogging. Anda bisa bersantai sambil menikmati keindahan taman yang hijau dan angin sejuk. Jika lapar, berbagai jajanan tersedia dengan harga yang terjangkau.

7. Pemandian Alam Sulili Baebunta

Tempat yang ideal untuk liburan keluarga. Sungainya yang tenang dengan kedalaman yang cocok untuk anak-anak membuat tempat ini sempurna untuk berenang. Selain itu, aktivitas river tubing menanti para pengunjung dewasa. Untuk yang ingin menginap, ada opsi homestay dan area berkemah. Harga tiket masuk terjangkau, hanya Rp 2.000 dengan tambahan biaya parkir Rp 2.000. Lokasinya di Desa Wisata Baebunta, Kecamatan Baebunta.

8. Bukit Tiro’soe

Terletak dekat dengan Pemandian Alam Sulili Baebunta. Bukit ini dipenuhi dengan pohon durian yang menambah suasana sejuk. Saat musim durian, Anda bisa menikmatinya langsung dari pohon. Beberapa fasilitas gratis seperti playground dan gazebo tersedia. Sedangkan fasilitas berbayar antara lain sewa tenda, kolam renang, sepeda gantung, dan flying fox. Lokasi mudah diakses dengan kendaraan, terletak di Desa Wisata Baebunta,
Kecamatan Baebunta.

Baca Juga:  11 Destinasi Menarik di Semarang untuk Liburan Anda

9. Agrowisata Buntu Lemo

Sebuah objek wisata alam yang menawarkan panorama tanaman hortikultura dan pegunungan yang indah. Di sini, pengunjung tidak hanya menikmati pemandangan, tetapi juga mendapatkan ilmu tentang budidaya tanaman hortikultura. Lokasinya berada di Desa Rinding Allo, Kecamatan Limbong, dengan tiket masuk Rp 5.000.

10. Bukit Batu Kembar

Bukit Batu Kembar
Foto: Google Maps/Bro STrip

Pendakian di Bukit Batu Kembar menawarkan pengalaman yang memukau. Dari puncak, Anda bisa melihat panorama dua kecamatan, Bone-Bone dan Sukamaju. Malam hari memberikan pemandangan lampu kota yang mempesona. Bukit ini mendapatkan namanya dari dua batu kembar di puncaknya. Selain itu, ada gua dengan sejarah misterius di sekitarnya. Meski medannya cukup menantang, tempat ini tetap menjadi favorit bagi pengunjung. Lokasinya di Desa Patoloan, Kecamatan Bone-Bone.

11. Pemandian Hangat Pincara

Berlokasi di Kabupaten Luwu, Pemandian Hangat Pincara menawarkan tiga kolam air panas yang berasal langsung dari pegunungan Desa Pincara. Air di sini begitu jernih dan berendam di dalamnya pasti akan memberikan sensasi relaksasi. Tidak hanya itu, detikers dapat menikmati indahnya pemandangan sungai yang berdekatan. Fasilitas pendukung seperti area parkir, kamar mandi, mushola, dan gazebo tersedia, serta tempat penginapan. Hanya dengan Rp10.000, detikers bisa menikmati semua ini. Lokasinya di Desa Pincara, Kecamatan Masamba, Kabupaten Luwu Utara.

12. Bendungan Wisata Bantimurung

Terletak di Desa Bantimurung, Kecamatan Bone – Bone, Kabupaten Luwu Utara, bendungan ini tidak hanya berfungsi sebagai irigasi sawah, tetapi juga sebagai destinasi wisata. Detikers dapat merasakan kesegaran air sambil menikmati panorama gunung dan sawah. Berbagai fasilitas seperti area parkir, kamar mandi, mushola, dan penginapan tersedia untuk memanjakan pengunjung.

13. Tugu Peringatan Lesangi

Monumen Juang Lesangi, atau dikenal sebagai Monumen Masamba Affair, adalah pengingat heroiknya pemuda Masamba melawan penjajah Belanda pada 29 Oktober 1949. Patung di monumen ini menonjol dengan senjata tradisional dan modern yang dipegangnya, memadukan kultur dan sejarah. Area di sekitar monumen dikelilingi pepohonan dan di malam hari, lampu hiasannya menambah keindahan. Lokasi ini berada di Desa Bone, Kecamatan Masamba, Kabupaten Luwu Utara.

14. Tempat Bersejarah Makam Datok Pattimang

Makam Datok Pattimang adalah tempat ziarah yang populer di Luwu Utara. Datok Pattimang adalah ulama dari Minangkabau yang hadir untuk menyebarkan Islam di Kerajaan Luwu. Mengunjungi makam ini memberikan kesempatan untuk memahami sejarah dan peran penting Datok Pattimang. Lokasinya di Desa Pattimang, Kecamatan Malangke, Kabupaten Luwu Utara.

Baca Juga:  4 Destinasi Liburan Keluarga di Bandung

15. Pesona Air Terjun Pangorea

Tingginya mencapai lebih dari 40 meter, Air Terjun Pangorea adalah permata alam di Kabupaten Luwu Utara. Derasnya aliran air menimpa batu besar di sekitarnya, menambah pesona alaminya. Detikers juga bisa merasakan kesegaran dan keindahan alam yang ditawarkan. Untuk mencapai lokasi ini, detikers mungkin perlu berjalan kaki atau mengendarai sepeda motor. Lokasinya di Desa Sepakat, Kecamatan Masamba, Kabupaten Luwu Utara.

16. Air Terjun Rehema

Jika Anda tertarik untuk menjelajahi lebih banyak air terjun di Kabupaten Luwu Utara, maka Air Terjun Rehema layak untuk ditambahkan dalam daftar kunjungan Anda. Dengan ketinggian mencapai 20 meter dan aliran air yang tenang, tempat ini sempurna bagi yang ingin menikmati renang. Sejumlah dinding batu di sekitarnya membentuk kolam alami yang pas untuk berendam. Meskipun terletak di lokasi tersembunyi dengan akses jalan yang berliku dan menanjak, pengalaman dan pemandangan yang ditawarkan tak terlupakan. Anda bisa mencapainya dengan berjalan kaki atau naik motor dari Desa Tamboke, Kecamatan Sukamaju.

17. Bukit Tabuan

Bukit Tabuan, dengan ketinggian mencapai 1700 Mdpl, menjadi surga bagi pecinta fotografi. Berbagai spot foto menarik tersedia, membuat setiap momen menjadi berharga. Selain berfoto, Anda juga bisa berkemah di area ini. Dari puncak, Anda akan disuguhkan panorama pegunungan yang hijau dan memukau. Lokasinya ada di Desa Rinding Allo, Kecamatan Limbong.

18. Air Terjun Rante Kasimpo

Air Terjun Rante Kasimpo
Foto: Facebook/Amelia Lestari

Desa Rinding Allo tak hanya memiliki Bukit Tabuan, tetapi juga Air Terjun Rante Kasimpo yang eksotis. Diselimuti
hutan, bebatuan, dan deretan air terjun berjenjang, tempat ini memanggil Anda untuk berendam di airnya yang sejuk. Meski letaknya tersembunyi, pengalaman yang didapat di sini tak ternilai. Berada di Desa Rinding Allo, Kecamatan Limbong.

19. Pendakian Gunung Tolangi Balease

Untuk Anda yang mencari tantangan, Gunung Tolangi Balease menawarkan trekking selama hampir seminggu. Perjalanan melintasi sungai, hutan lumut, dan jalur tanjakan yang menantang. Namun, saat berada di puncak, keindahan pegunungan yang diterangi sinar matahari pagi dan suasana dingin akan membalas setiap lelah Anda. Lokasinya di Desa Bantimurung, Kecamatan Bone-Bone.

Inilah 19 destinasi menarik di LuwuUtara. Mana yang ingin Anda jelajahi?

Bagikan

Tags

Rekomendasi