11 Destinasi Menarik di Semarang untuk Liburan Anda

Avatar photo

S. Ikrar

Destinasi Menarik di Semarang untuk Liburan Anda

Rasakan pesona Semarang melalui destinasi menarik yang memukau untuk liburan Anda, dari warisan sejarah yang kaya hingga kelezatan kuliner lokal, menciptakan pengalaman perjalanan yang serba istimewa.

Selain kota-kota populer seperti Jogja dan Solo, Semarang, yang juga berada di Jawa Tengah, memiliki deretan destinasi menarik untuk dikunjungi. Dari objek wisata alam, keseruan kuliner, hingga tempat bermain yang cocok untuk keluarga, Semarang menyajikannya. 

Berikut beberapa rekomendasi destinasi di Semarang:

1. Bantir Hills

Bantir Hills
Foto: Google Maps/Owwie Raka Gerindra

Lokasi ini menawarkan pemandangan alam yang memukau dengan latar bukit dan pohon hijau yang rimbun. Terletak di Jalan Bantir, Desa Losari, Kecamatan Sumowono, untuk mencapainya Anda perlu berjalan sekitar 1 kilometer. Tarif parkir Rp2 ribu untuk motor dan Rp5 ribu untuk mobil.

2. Benteng Pendem Ambarawa

Sebuah benteng bersejarah yang diyakini sebagai tempat penyimpanan logistik sejak tahun 1834. Terletak di belakang RSUD Ambarawa, Anda dapat mengunjunginya tanpa biaya masuk, hanya perlu meminta izin kepada petugas.

3. Bukit VW

Sebuah bukit yang dihiasi puluhan mobil retro tahun 70-an. Lokasinya ada di Jalan Samiroto Raya, Tembalang. Tarif parkir Rp2 ribu untuk motor dan Rp5 ribu untuk mobil.

4. Curug Lawe

Air terjun dengan air yang jernih dan lingkungan yang sejuk ini terletak di Desa Kalisidi, Kecamatan Ungaran Utara. Dengan tiket masuk Rp4 ribu, Anda dapat menikmati keindahan alamnya.

5. Lereng Kelir

Lereng Kelir
Foto: Google Maps/Emas-Properti Jualbeli-Sewa

Destinasi ini menawarkan panorama alam yang eksotis. Gardu pandang yang ada di sini menjadi salah satu spot foto favorit. Terletak di Desa Brangkol, Kecamatan Jambu, Ambarawa. Tiket masuknya Rp5 ribu untuk hari biasa dan Rp7 ribu saat akhir pekan.

6. Museum Kereta Ambarawa

Menyimpan koleksi kereta api bersejarah, Museum Kereta Ambarawa memberi Anda kesempatan untuk merasakan sensasi naik kereta zaman dulu. Dengan tarif masuk Rp10 ribu untuk dewasa dan Rp5 ribu untuk anak, Anda bisa menikmati perjalanan waktu di Jalan Stasiun No. 1, Ambarawa dari pukul 08.00-16.00.

Baca Juga:  15 Tempat Wisata Populer di Soppeng yang Wajib Anda Kunjungi

7. Setiya Aji Flower Farm

Sebuah taman bunga yang tengah populer di Semarang, di sini Anda akan dikelilingi oleh bunga krisan beragam warna. Lokasinya ada di Jalan Kendalisodo, Dusun Ngasem Lor, Desa Jetis, Kecamatan Bandungan. Dibuka dari pukul 07.00-18.00 dengan tiket Rp7.500 per orang.

8. Old City 3D Trick Art Museum

Terletak di pusat Kota Lama Semarang, museum ini menawarkan beragam karya seni ilusi mata 3 dimensi. Lokasi tepatnya di Jalan letjen Suprapto No. 26, Tj. Mas, dengan tarif Rp40 ribu dan buka pukul 10.00-22.00.

9. Wisata Eling Bening

Nikmati keindahan panorama alam di Eling Bening. Pemandangan rawa dan pegunungan menambah keelokan tempat ini. Terletak di Jalan Sarjono, Bawen dengan tarif masuk Rp15 ribu.

10. Pantai Marina

Pantai Marina
Foto: Google Maps/Fajar Syamsudin

Pantai ini tidak hanya menawarkan keindahan alam tetapi juga spot olahraga lari atau bersepeda. Terletak di Jalan Yos Sudarso, pantai ini memiliki fasilitas lengkap bagi pengunjung.

11. Puri Maerokoco

Sebuah taman mini Jawa Tengah, di sini Anda dapat melihat replika rumah adat dari 35 Kabupaten dan Kota Madya di Jawa Tengah. Selain itu, ada pula rekreasi air dan taman-taman indah. Lokasi di Jalan Yos Sudarso, tiket masuknya Rp15 ribu.

Bagikan

Tags

Rekomendasi