Taman Suropati, Taman Indah dengan Perpaduan Seni & Budaya di Jakarta

Avatar photo

S. Ikrar

Taman-20Suropati-20Jakarta.webp

Temukan ketenangan di Taman Suropati Jakarta, taman kota yang menawan dengan karya seni, keanekaragaman budaya, dan suasana yang menenangkan untuk bersantai dari hiruk-pikuk kota.

DKI Jakarta cukup populer akan keberadaan tamannya yang indah dan nyaman digunakan untuk bersantai. Salah satunya yaitu Taman Suropati yang dianggap penting karena dijadikan sebagai faktor kebutuhan ruang terbuka.

Selain itu, taman ini memiliki nilai sejarah penting dan daya tarik lainnya. Berikut informasi lebih lengkapnya mengenai taman asri satu ini.

Daya Tarik yang Dimiliki Taman Suropati

Daya-20Tarik-20Taman-20Suropati.webp
Foto: Google Maps/Jakarta Tourism

1. Sejarah yang Tidak Terlupakan

Taman yang berada di Jakarta ini tidak hanya bermanfaat sebagai salah satu paru-paru Jakarta. Akan tetapi, ia juga menjadi saksi sejarah Jakarta yang berharga terutama saat masih bernama Batavia.

Pada awalnya, taman ini dibangung pada masa walikota pertama Batavia, Burgemeester Bisschoppen. Beliau menjabat dari tahun 1916 hingga 1920. Hal yang tidak berubah dari taman ini yaitu lokasinya saja yang berada di pusat kawasan Menteng.

Seiring berjalannya waktu, taman selalu dilakukan berbagai pembenahan atau penataan sesuai dengan kebutuhan zamannya atau lintas generasi. Bisa dibilang, pembenahan selanjutnya mungkin saja akan terjadi.

2. Taman Keren di Menteng

Daya tarik selanjutnya yang membuat banyak orang mengunjungi tempat wisata ini yaitu adanya taman yang nyaman, keren, serta cocok digunakan oleh berbagai kalangan untuk bersantai. Adapun luas tamannya yaitu 16.328 m2.

Hal inilah yang membuat banyak pepohonan dan tumbuhan tumbuh di sekitarnya. Terlebih lagi, adanya air mancur membuat suasana lebih segar dan hidup.

Tidak heran jika berada disini, pengunjung merasakan tenang, nyaman, rileks dan teduh. Oleh sebab itu, lokasinya selalu dijadikan sebagai tempat bersantai di tengah hiruk pikuk kota.

Baca Juga:  Leuwi Jurig, Wisata Alam di Garut yang Pesonanya Seperti Grand Canyon

Sebab, kebanyakan warga kota seringkali membutuhkan tempat untuk menenangkan diri dari bisingnya kendaraan, polusi, dan tugas yang menumpuk.

3. Monumen ASEAN

Selain sejarah yang berharga, taman asri ini juga memiliki nilai sejarah yang sangat tinggi. Terlebih lagi, ketika didirikannya monumen-monumen dari pemahat pertama dari negara ASEAN.

Adapun monument-monumen tersebut yakni monument perdamaian, monument persaudaraan, monument kelahiran kembali, monument keharmonisan, monument semangat ASEAN, dan monumen perdamaian, harmonis, dan bersatu.

Alamat dan Rute Menuju Lokasi

Dengan sederet daya tarik yang dimilikinya, taman keren bernama Suropati ini tentu sangat menarik dikunjungi. Adapun lokasinya yaitu berada di Jalan Taman Suropati, No.5, Rt.05, RW.05, Kecamatan Menteng, Kota Jakarta Pusat, Provinsi DKI Jakarta.

Bagi anda yang tengah berada di Jakarta, sangat disarankan untuk meluangkan waktu anda mengunjungi tempat ini.

Apakah anda tertarik mengunjunginya tapi terkendala dalam hal kendaraan? Anda Tidak perlu bingung karena anda bisa memilihnya sesuai dengan preferensi. Contohnya, anda cenderung menyukai mobil yang mungil dan gesit, maka tipe city car cocok anda pilih.

Jalan menuju ke lokasi sangatlah mudah karena ia berada di pertemuan tiga jalan utama. Tiga jalan utama sebagai lokasi taman ini yaitu Jalan Diponegoro, Jalan Imam Bonjol, serta Jalan Teuku Umar.

Tidak hanya mobil, akses menuju lokasinya pun bisa menggunakan berbagai jenis kendaraan, seperti kendaraan roda dua, roda empat, kendaraan pribadi, dan kendaraan umum. Anda bisa memilih kendaraan mana yang sesuai dengan kebutuhan anda.

Kegiatan yang Menarik Dilakukan

Aktivitas-20Taman-20Suropati.webp
Foto: Google Maps/Aris Susanto

1. Jalan Santai Menikmati Pemandangan Alam

Rekomendasi kegiatan menarik yang patut dilakukan di taman ini yaitu dengan berjalan-jalan mengelilingi taman untuk menikmati pemandangannya.

Baca Juga:  Puncak Asmoro, Wisata Alam dengan Kisah Cinta yang Melegenda di Banyuwangi

Disini, aka nada berbagai suguhan panorama menarik, seperti kayu patung estetik, burung, ayam kate, hingga air mancur secara langsung. Sehingga, pemandangan menjadi lebih hidup dan berenergi.

2. Jogging serta Yoga

Pihak pengelola taman ini juga menyediakan area jogging track atau jalur jogging khusus bagi pengunjung yang ingin jogging.

Jalur ini berupa jalan berbatu dengan permukaan rata. Jalur ini hampir sama dengan Alun-alun Kidul Yogyakarta. Ada juga jalur khusus dengan batu-batu kerikil untuk mengurangi keluhan rematik.

Selain jogging, pengunjung juga bisa melakukan aktivitas olahraga lainnya yaitu yoga. Sayangnya, kegiatan ini tidak rutin diselenggarakan karena penyelenggaraan hanya di waktu tertentu saja. Sebab, kegiatan ini membutuhkan pendampingan dan pelatihan dari instruktur yoga professional.

3. Menyaksikan Pentas Musik

Perlu diketahui bahwa taman ini juga dijadikan sebagai panggung bagi para musisi indie yang bersedia unjuk gigi di depan para pengunjung.

Musisi yang kerap mengisi acara pentas seni di taman ini yaitu Chamber dengan berisikan 100 anggota. Mereka sering pentas setiap Sabtu Malam dengan violin dan gitar akustiknya.

4. Berfoto-foto Ria

Tidak lengkap rasanya jika tidak mengabadikan momen dengan berfoto-foto di taman indah satu ini. Sebab, tempat ini memiliki area taman bunga yang menyajikan pemandangan apik dan penuh warna.

Ada juga spot menarik bebas selfie yang patut digunakan sebagai tempat selfie yaitu area bangku taman air mancur, dan patung.

Fasilitas Wisata yang Tersedia

Alamat-20Taman-20Suropati.webp
Foto: Google Maps/Ferdinand Makahanap

Taman Suropati menyediakan berbagai fasilitas memadai untuk memenuhi kebutuhan para pengunjungnya. Toilet di objek wisata ini tersedia dengan bersih dan terawat sehingga nyaman digunakan.

Selain itu, ada jug area jogging track yang dapat digunakan untuk jalan-jalan atau jogging. Bangku-bangku taman disini berjajaran dengan estetik dan rapi sehingga nyaman digunakan untuk beristirahat dan berfoto ria.

Baca Juga:  Misteri Danau Tempe, Kisah Sejarah dan Legenda di Baliknya

Banyak juga ditemukan penjaja makanan dan minuman ringan yang akan memanjakan lidah anda dan mengisi perut keroncongan setelag berjogging. Adapun dagangan yang dijual yaitu batagor, siomay, dan masih banyak lagi.

Itulah informasi mengenai Taman Suropati mulai dari daya pikat, alamat dan rute, kegiatan hingga fasilitas yang tersedia.

Hal ini penting untuk diketahui sebelum mengunjunginya agar anda kenal lebih dekat mengenai tempat bersantai yang akan dikunjungi. Dengan begitu, anda semakin siap menikmati waktu luang selama berada di taman cantik ini.

Bagikan

Tags

Rekomendasi