Berikut 5 Panduan Bisnis Berbasis Riset Pasar untuk Pengusaha

Avatar photo

S. Ikrar

Berikut 5 Panduan Bisnis Berbasis Riset Pasar untuk Pengusaha

Penggunaan riset dalam strategi pemasaran produk sangatlah krusial bagi para pengusaha. Dengan melakukan riset yang komprehensif, pengusaha dapat mengenali dan mengatasi tantangan khusus di pasar yang dituju.

Harvard Business Review menegaskan bahwa riset dan analisis yang mendalam sangat esensial untuk membantu pengusaha dalam merumuskan strategi pemasaran yang sesuai dengan dinamika pasar.

Dengan riset pasar, perusahaan bisa mendapatkan gambaran yang jelas tentang apa yang diinginkan oleh konsumen, tren pasar terkini, dan pola pembelian konsumen. Memahami pasar memungkinkan perusahaan untuk mengambil keputusan yang akurat mengenai produk, penetapan harga, promosi, dan strategi distribusi.

Namun, pertanyaannya adalah, bagaimana cara pengusaha melakukan riset pasar yang efektif? Nicola Jihzar, pendiri Nona Woman, memberikan empat saran penting bagi pengusaha yang ingin meningkatkan performa bisnisnya melalui riset pasar.

1. Edukasi Tentang Produk dan Merek

Sebelum melakukan edukasi terhadap pasar, pengusaha harus terlebih dahulu memahami keunggulan dari produk yang ditawarkan. Selain itu, penting bagi pengusaha untuk mengetahui persepsi masyarakat terhadap suatu isu dan bagaimana produk atau merek mereka dapat memberikan solusi atau alternatif terhadap persepsi tersebut.

2. Lakukan Survei Terjun Langsung dan Fokus pada Sasaran

Untuk memahami sejauh mana kebutuhan produk di pasaran, pengusaha dapat melakukan survei langsung di lapangan. Survei ini dapat dimulai dengan menanyakan apa yang menjadi kebutuhan utama dari konsumen potensial. Pengumpulan data juga bisa diperoleh dengan berdiskusi dengan beberapa sumber yang memiliki kriteria serupa.

3. Analisis Produk Saingan

Salah satu strategi penting adalah mengkaji produk pesaing secara rutin. Analisis ini bisa dijalankan dengan mengamati bisnis-bisnis lain yang berada di industri yang sama dan telah eksis sebelumnya. Beberapa aspek yang patut diperhatikan antara lain cara kerja produk pesaing, apa saja kekurangan yang dapat diperbaiki, dan aspek lain yang relevan.

Baca Juga:  4 Panduan Praktis Memulai Bisnis Mainan Anak

Pendekatan analisis ini juga dapat melibatkan perbandingan dengan produk sejenis yang ada di pasar internasional. Tujuannya adalah untuk menyesuaikan dengan standar internasional sambil tetap sesuai dengan visi awal saat mengembangkan produk tersebut.

4. Riset Konten dan Optimalkan Visibilitas Produk

Setelah memahami aspek produk, langkah selanjutnya adalah memaksimalkan visibilitas atau keterlihatan produk serta brand Anda. Ini bisa diwujudkan dengan menciptakan konten yang relevan dan memberi nilai. Dengan mengerti apa yang dicari oleh konsumen, Anda bisa merancang konten yang sesuai dengan kebutuhan mereka.

Tingkatkan lagi keterlihatan brand Anda dengan aktif berinteraksi di platform media sosial, berkolaborasi dengan komunitas melalui beragam konten, menyediakan ruang diskusi bagi pengguna untuk saling berbagi dan merekomendasikan produk Anda, dan lainnya.

5. Pahami Teknik Berbisnis Lewat Live Selling

Live selling kini menjadi pendekatan yang populer dalam dunia e-commerce. Sebelum memulainya, pastikan Anda memahami profil dan preferensi target pasar Anda, agar promosi Anda efektif.

Dalam menyelenggarakan sesi live selling, idealnya Anda memiliki setidaknya dua orang yang tampil di depan kamera dengan peralatan yang memadai, seperti kamera berkualitas tinggi dan teleprompter agar tetap terjalin interaksi mata dengan audiens.

Selain itu, penting juga memiliki tim di belakang layar yang bertugas memantau dan memilah komentar dari penonton. Semoga kelima tips di atas membantu para pengusaha dalam mengoptimalkan bisnis mereka melalui riset pasar.

Bagikan

Tags

Rekomendasi