Cara Mengoperasikan Google Maps Secara Offline

Avatar photo

S. Ikrar

Cara Mengoperasikan Google Maps Secara Offline

Google Maps merupakan salah satu produk unggulan dari Google yang menawarkan visualisasi peta dari seluruh dunia. Tidak hanya itu, layanan ini juga menawarkan berbagai fitur lain seperti gambar satelit, pemandangan 360°, informasi lalu lintas, serta petunjuk rute, baik itu dengan berjalan kaki, berkendara, bersepeda, hingga menggunakan transportasi umum.

Meskipun Google Maps memerlukan koneksi internet untuk menampilkan informasi lokasi secara langsung, layanan ini juga memberikan opsi untuk digunakan secara offline. Hal ini tentunya sangat berguna jika Anda berada di area dengan sambungan internet yang tidak stabil atau bahkan tanpa koneksi sama sekali.

Berikut adalah langkah-langkah untuk menggunakan Google Maps dalam mode offline:

  • Buka aplikasi Google Maps di perangkat Anda.
  • Pastikan perangkat Anda sedang terhubung ke internet.
  • Ketik nama tempat atau area yang ingin Anda kunjungi nanti dalam mode tanpa koneksi, seperti “Wonogiri”.
  • Setelah menemukan area yang diinginkan, tap pada nama atau alamat dari tempat tersebut, lalu pilih tanda titik tiga di sudut kanan atas.
  • Dari opsi yang muncul, pilih “Unduh peta offline”.
  • Selanjutnya, tap pada “Unduh”.
  • Tunggu hingga proses unduhan selesai.

Setelah langkah di atas selesai, Anda dapat mengakses Google Maps tanpa memerlukan koneksi internet. Sehingga, meskipun Anda berada di daerah dengan sinyal yang lemah atau tidak ada sama sekali, Anda tetap bisa mengandalkan Google Maps untuk menuntun Anda.

Bagaimana Mengoperasikan Google Maps

Coba putuskan koneksi paket data di ponsel Anda. Masukkan destinasi yang Anda tuju, asalkan destinasi tersebut berada dalam area peta offline yang sudah Anda unduh. Setelah itu, Anda dapat melihat arah atau memanfaatkan fitur navigasi dari Google Maps tanpa perlu online.

Baca Juga:  Mouse Komputer: Definisi, Kegunaan, dan Mekanisme Kerjanya

Jika destinasi yang Anda tuju saat sedang offline tidak berada dalam wilayah peta offline yang Anda miliki, Anda akan mendapatkan notifikasi “Tidak bisa menunjukkan rute ke lokasi tersebut”.

Fitur ini khusus untuk menampilkan destinasi yang telah ditandai. Tanpa koneksi internet, fungsi navigasi untuk bersepeda, berjalan kaki, dan transportasi publik tidak dapat diaktifkan. Pengguna juga tidak dapat mengakses informasi lalu lintas atau rute lainnya.

Demikianlah metode untuk memanfaatkan Google Maps tanpa memerlukan kuota internet, terutama ketika kehabisan kuota atau berada di area tanpa cakupan internet.

Sebagai penutup, memahami bagaimana mengoperasikan Google Maps secara offline dapat menjadi solusi praktis ketika Anda berada di area dengan koneksi internet yang terbatas atau ingin menghemat kuota data Anda. Dengan memanfaatkan fitur ini, perjalanan Anda tetap lancar meskipun tanpa internet.

Selalu pastikan untuk mempersiapkan peta offline sebelum memulai perjalanan Anda agar tetap mendapatkan petunjuk arah yang akurat. Semoga panduan ini membantu Anda dalam berkelana dengan lebih mudah dan efisien.

Bagikan

Tags

Rekomendasi

Leave a Comment