Pemahaman Tentang Sistem Komputer: Definisi, Elemen, Tujuan, dan Bagian Fisik

Avatar photo

S. Ikrar

Pemahaman Tentang Sistem Komputer: Definisi, Elemen, Tujuan, dan Bagian Fisik

Dalam era digital saat ini, sebagian besar aktivitas kita kian bergantung pada mesin bernama komputer. Mungkinkah Anda bayangkan, komputer yang dulunya memerlukan ruang khusus besar, kini telah bertransformasi menjadi alat portabel seperti laptop yang dapat kita genggam?

Perlu Anda ketahui, kemampuan komputer dalam mendukung aktivitas kita berasal dari sistem komputer yang terintegrasi dengan baik dari berbagai komponennya.

Komputer telah menjadi bagian tak terpisahkan dari kehidupan sehari-hari. Mulai dari kantor, rumah sakit, sekolah, industri, hingga ke dalam rumah tangga, keberadaan komputer sudah menjadi hal yang biasa. Namun, sebelum memanfaatkannya lebih jauh, mari kita kenali terlebih dahulu inti dari komputer, yaitu sistem komputernya.

Definisi Sistem Komputer

Pada dasarnya, komputer adalah alat elektronik yang mampu menerima data masukan, memprosesnya, dan menghasilkan keluaran berupa informasi. Informasi ini bisa dalam bentuk gambar, teks, audio, atau video.

Dikutip dari buku Pengantar Ilmu Komputer karya Legito, ST, MKom dan rekan-rekan, sistem komputer didefinisikan sebagai sekumpulan elemen komputer yang terinterkoneksi dan saling berkomunikasi. Tujuan utamanya adalah untuk memproses data agar menghasilkan informasi yang relevan bagi pengguna.

Sedangkan menurut John P. Hayes melalui bukunya berjudul “Computer Architecture and Organization: An Integrated Approach”, sistem komputer merupakan gabungan dari perangkat keras dan perangkat lunak yang berkolaborasi untuk menjalankan berbagai program komputer.

Definisi sistem komputer sesuai dengan pandangan Andrew S. Tanenbaum dalam bukunya “Structures Computer Organization” ialah gabungan antara perangkat keras dan lunak yang berkolaborasi untuk mengeksekusi program komputer.

Dengan kata lain, sistem komputer adalah sekumpulan elemen yang berinteraksi untuk menjalankan suatu tugas atau program dengan menggunakan komputer.

Elemen-Elemen Sistem Komputer

Komputer sebagai sebuah sistem memiliki tiga komponen dasar yang saling terkait. Ketiga komponen ini memiliki peranan masing-masing dalam membentuk kesatuan dalam komputer.

Baca Juga:  8 Cara Mengatasi Sambungan WiFi yang Tidak Stabil

Dikutip dari “Teknologi Informasi & Komunikasi 1” karya Y. Maryono dan B. Patmi Istiana, tiga elemen pokok dalam sistem komputer meliputi hardware, software, dan brainware.

Perangkat keras (hardware) memiliki empat elemen utama yaitu perangkat masukan, unit pemrosesan sentral, unit penyimpanan, dan perangkat keluaran.

Perangkat lunak (software) merupakan sekumpulan instruksi yang menggerakkan perangkat keras. Software ini terbagi menjadi dua kategori: perangkat lunak sistem operasi dan perangkat lunak aplikasi.

Sementara itu, manusia atau pengguna (brainware) adalah individu yang mengoperasikan dan mengontrol perangkat keras dan lunak. Sebagai operator, peran brainware sangat vital dalam semua aspek operasional sistem komputer. Mereka bertugas mengatur, mengendalikan, dan memaksimalkan potensi sistem komputer melalui program yang dijalankan.

Fungsi Utama Sistem Komputer

Sistem komputer bekerja dengan cara menerima instruksi dari pengguna atau suatu program melalui alat masukan.
Selanjutnya, instruksi tersebut diolah untuk memproses data dan hasilnya dikirimkan ke alat keluaran.

Proses-proses tersebut disinkronkan oleh sistem operasi, yang juga bertanggung jawab dalam penyimpanan data, pengelolaan sumber daya, serta menjamin kelancaran operasi komputer.

Mengacu pada buku “Dasar Sistem Komputer” karya I Gede Partha Sindu dan Gede Yudhi Paramartha, inti dari sistem komputer adalah mengelola data untuk menghasilkan informasi yang berguna dalam mendukung operasional tiap komponen di dalam sistem komputer.

Elemen Fisik Dalam Sistem Komputer

Dari buku “Belajar Mudah Merakit Komputer” karya Raya Fahreza, komputer didefinisikan sebagai gabungan elemen-elemen perangkat keras yang terintegrasi dalam satu kesatuan komputer. Setiap elemen perangkat keras memiliki bentuk fisik yang bisa diraba, dilihat, dan dipindah.

Komponen-komponen fisik atau perangkat keras (hardware) komputer mencakup:

  1. Motherboard atau papan induk
  2. Central Processing Unit (CPU) atau unit pemrosesan
  3. Memori, juga dikenal sebagai Random Access Memory (RAM)
  4. Unit Masukan/Keluaran
  5. Disket atau Floppy Disk
  6. CD-ROM (Compact Disc Read-Only Memory) dan DVD-ROM (Digital Versatile Disc Read-Only Memory)
  7. Virtual Graphic Adapter (VGA) atau kartu tampilan
  8. Kartu suara
  9. Layar atau Monitor
Baca Juga:  Nikmati Keuntungan Internet Tak Terputus untuk Koneksi Lancar

Setiap komponen di atas berkolaborasi untuk membentuk suatu sistem komputer yang dapat menjalankan berbagai program.

Bagikan

Tags

Rekomendasi