Desa Wisata Sitonjul, Desa Wisata Edukasi untuk Liburan Keluarga di Kuningan

Avatar photo

S. Ikrar

Desa Wisata Sitonjul

Desa Wisata Sitonjul di Kuningan adalah destinasi liburan keluarga yang menarik, menawarkan pengalaman edukasi berbagai budaya sunda.

Objek wisata Sitonjul merupakan salah satu destinasi yang bisa dikunjungi ketika berada di Kuningan, Jawa
Barat. Desa wisata ini bahkan tidak pernah sepi dari pengunjung saat hari biasa ataupun liburan.

Tempat ini sangat indah dan dapat menambah rasa yang berbeda dalam aktivitas kita sehari-hari. Sayang sekali jika Anda tidak mengunjungi desa wisata Sitonjul

Daya Tarik Desa Wisata Sitonjul

Daya-20Tarik-20Desa-20Wisata-20Sitonjul.webp
Foto: Google Maps/Sandi Laksana Putra

1. Pesona Keindahan

Tempat wisata Sangkanhurip di desa Sitonjul di Kuningan Jawa Barat sangat cocok dijadikan sebagai pilihan mengisi kegiatan liburan terutama ketika liburan panjang seperti libur nasional atau libur lainnya.

Keindahan Tempat Wisata Desa Sitonjul di Sangkanhurip Kuningan sangat terjaga. Bagi siapa saja yang berada di dekat atau jauh perlu mendekatkan diri ke desa wisata ini

Obyek Wisata Desa Sitonjul Sangkanhurip di dikenal sebagai destinasi wisata yang wajib dikunjungi karena keindahannya yang tiada tara.

Penduduk kawasan Sangkanhurip juga sangat ramah terhadap wisatawan lokal maupun mancanegara. Kota Kuningan juga dikenal dengan keindahan tempat wisatanya seperti Obyek Wisata Desa Sitonjul Sangkanhurip ini.

2. Kegiatan Masyarakat

Objek Wisata Desa Sitonjul mewakili dua desa yang mengelilinginya yaitu Simenyan Tonjong serta Munjul. Di Tempat wisata ini, Anda bisa menikmati suasana desa yang masih asri dan budayanya masih terjaga.

Masyarakat sekitar biasanya hidup dari pertanian, sehingga suasana asri terlihat dari banyaknya penanaman yang ada di kawasan desa Sitonjul.

Anda bisa menemukan sawah, perkebunan palawija, hingga pohon. Wisatawan diajak kesini untuk mengeksplorasi keindahan desa.

Banyak hal unik dan menarik yang bisa ditemukan ketika memilih menghabiskan waktu di kawasan wisata ini. Oleh karena itu, jangan pernah lewatkan kesempatan untuk menikmati berbagai keseruan dan keindahannya

Baca Juga:  Maharani Zoo dan Goa, Objek Wisata Edukasi di Lamongan

3. Luas Pedesaan

Ketika datang ke kawasan wisata Sitonjul ini, anda akan mengitari kawasan pedesaan sekitar 4 kilometer. Perjalanan pertama dilakukan dari Dusun Simenyan Kidul dan dilanjutkan ke Hutan Rakyat.

Setelah itu, anda akan melalui pemakaman umum, persawahan dan tegalan, bulak jati sampai dusun Tojong. Tak hanya itu, anda bisa menemukan area persawahan kembali

Selanjutnya terdapat tanggul irigasi bendung katiga dan berakhir di Susun Munjul Kaler. Perjalanan tersebut tidak akan terasa membosankan karena anda disuguhkan dengan pemandangan yang luar biasa.

Keindahan alam yang disajikan pasti akan membuat siapa saja merasa terpana. Nikmati perjalanan dengan menghayati setiap ketenangan yang ada

4. Seni Budaya

Anda juga akan berkesempatan untuk menyaksikan berbagai budaya unik yang ada di desa wisata ini. Salah satu yang bisa diketahui yaitu berupa pertunjukan seni tari khas Sunda dan tradisi tradisi lainnya.

Semua itu bisa dinikmati hanya dalam satu paket perjalanan. Anda pastinya akan dibuat terpukau dengan gerakan tari yang sangat gemulai dan juga indah

Alamat dan Rute Mudah Menuju Lokasi

Alamat-20Desa-20Wisata-20Sitonjul.webp
Foto: Google Maps/A. Caca Thea

Lokasi dari destinasi wisata yang satu ini berada di Sangkanhurip Cigandamekar, Kuningan, Jawa Barat. Jika ingin sampai di tempat wisata ini maka anda perlu melakukan perjalanan sekitar 13 km ke sebelah selatan jika dari pusat kota Kuningan.

Anda juga bisa melakukan perjalanan dengan jarak 24 km jika berangkat dari sebelah selatan kota Cirebon. Untuk bisa menemukan rute terbaik menuju kawasan ini maka anda bisa memilih mengandalkan google maps.

Dengan begitu maka perjalanan bisa berjalan dengan lebih mudah dan cepat. Jenis kendaraan yang bisa digunakan untuk tiba di lokasi yaitu berupa kendaraan pribadi ataupun bis umum sesuai dengan keinginan dan kebutuhan anda

Baca Juga:  Puncak Asmoro, Wisata Alam dengan Kisah Cinta yang Melegenda di Banyuwangi

Ragam Aktivitas yang Menarik Dilakukan

1. Menikmati Keindahan

Hal pertama yang bisa dilakukan ketika datang ke tempat wisata ini yaitu dengan melakukan perjalanan dan menikmati setiap keindahan pemandangan yang ada.

Anda akan dibuat tenang dengan hijaunya area perkebunan dan persawahan. Hal ini tentunya tidak bisa dinikmati ketika anda berada di perkotaan. Itulah keunikan dari desa wisata yang satu ini

2. Mengitari Keindahan Pedesaan

Aktivitas kedua yang wajib dilakukan ketika berada di tempat wisata ini yaitu berjalan mengitari desa. Pastikan anda telah mempersiapkan segala bentuk kebutuhan wisata.

Salah satunya seperti kamera yang digunakan untuk mengabadikan momen menarik bersama teman atau keluarga di desa Sitonjul. Jaga kondisi kesehatan anda saat berkunjung ke desa ini

Hal tersebut karena anda akan diajak berkeliling area pedesaan dengan berjalan kaki sejauh  km. Tentunya hal tersebut membutuhkan tenaga serta fisik yang kuat.

kebutuhan lainnya yang diperlukan ketika ke tempat wisata ini yaitu berbagai jenis keperluan obat obatan, tisu basah sampai dengan antiseptik untuk menjaga kebersihan diri saat berkunjung ke desa wisata

Fasilitas yang Ditawarkan Desa Wisata Sitonjul

Fasilitas-20Desa-20Wisata-20Sitonjul.webp
Foto: Google Maps/Aji Lukman Ibrahim

Mengunjungi destinasi wisata pedesaan ini memang tidak pernah merugikan dan mampu memberikan kenyamanan tersendiri.

Saat berada di kawasan ini, anda tidak akan dibuat khawatir dengan berbagai keperluan atau fasilitas layanan. Semuanya sudah lengkap dan terjamin sehingga anda tidak akan merasa kesulitan ataupun gelisah berada disini

Fasilitas pertama yang bisa ditemukan di desa wisata Sitonjul ini yaitu berupa lahan parkir kendaraan. Area yang disediakan cukup luas sehingga bisa digunakan untuk mengamankan kendaraan.

Selain itu, anda juga bisa menemukan mushola untuk beribadah, kamar mandi, penginapan dan berbagai jenis fasilitas pendukung lainnya untuk kenyamanan pengunjungnya.

Baca Juga:  7 Daftar Destinasi Alam Semarang yang Mengagumkan

Bagi wisatawan yang berasal dari Kuningan pastinya sudah tidak asing lagi dengan kawasan wisata ini. Meskipun begitu, anda tetap peru datang untuk melihat keindahannya.

Bagi anda yang berasal dari luar kota Kuningan juga tidak boleh ketinggalan karena tidak ada lagi destinasi wisata desa yang mampu menampilkan keindahan serta kesenian unik seperti ini

Bagikan

Tags

Rekomendasi