Bisnis Daring Makin Kompetitif, Inilah 6 Saran Memaksimalkan Pemasaran di Platform Jual Beli Online

Avatar photo

S. Ikrar

Bisnis Daring Makin Kompetitif, Inilah 6 Saran Memaksimalkan Pemasaran di Platform Jual Beli Online

Mendorong semangat kewirausahaan di era digital, Lazada mengadakan workshop untuk para guru SMK di Cileungsi, Jawa Barat, dengan tujuan menjadikan mereka sebagai pelopor dalam melahirkan talenta ekonomi digital melalui program pelatihan Naik KeLaz.

Pada acara yang diselenggarakan di SMKN 1 Cileungsi, para pelatih dari Lazada University membagikan wawasan mengenai bagaimana cara memperluas usaha di dunia online dan mengoptimalkan potensi penjualan di zaman serba digital ini.

Ferry Kusnowo, Direktur Eksekutif Lazada Indonesia, mengatakan, “Para guru memiliki peranan krusial dalam menyebarkan ilmu. Kami berharap pengetahuan yang diperoleh dari pelatihan ini dapat segera diberikan kepada siswa-siswi, yang nantinya berdampak positif terhadap pemberdayaan generasi muda di tanah air.”

Menurutnya, sebagai salah satu pelaku utama e-Commerce di Indonesia, Lazada menawarkan peluang ekonomi yang luas di ranah digital, yang terbuka untuk siapapun yang berkeinginan. Namun, dengan persaingan bisnis daring yang semakin sengit, para pengusaha muda perlu memahami berbagai strategi pemasaran di platform jual beli online. Berikut 6 saran dari Lazada University untuk mengoptimalkan bisnis di e-Commerce:

1. Presentasi Produk yang Menarik

Foto adalah kesan pertama bagi konsumen. Pastikan produk Anda ditampilkan dengan menarik, melalui foto dan deskripsi yang jelas dan mendetail. Fokus pada gambar dan informasi yang mampu menonjolkan fungsi, kelebihan, serta kualitas produk.

2. Meningkatkan Kunjungan ke Toko Anda di E-Commerce

Buatlah judul produk yang relevan, menarik, dan mengandung kata kunci yang sering dicari oleh pembeli. Integrasikan nama brand atau toko, kategori produk, serta detail lainnya dalam deskripsi. Tampilkan produk dengan gambar yang menonjolkan kelebihan, dan tawarkan promosi dengan cara menampilkan ‘harga coret’.

Selain itu, tingkatkan kunjungan ke toko online Anda dengan sering memposting ‘feed’ di platform e-Commerce. Seperti Lazada yang memiliki fitur ‘feed’, di mana produk Anda bisa terlihat oleh banyak mata konsumen yang sedang mencari produk serupa.

Promosikan berbagai penawaran menarik dari toko Anda melalui akun media sosial. Pastikan untuk menyertakan link toko Anda, sehingga memudahkan pengunjung untuk langsung mengunjungi dan berbelanja.

3. Dorong Ulasan Positif dengan Memberikan Layanan Terbaik kepada Pelanggan

Ulasan yang positif dari pembeli dapat meningkatkan reputasi toko Anda di mata calon konsumen lainnya. Pastikan Anda menawarkan produk berkualitas, harga bersaing, dan layanan pelanggan yang memuaskan. Ajak pelanggan untuk meninggalkan ulasan melalui pesan, dan pertimbangkan memberikan insentif seperti diskon atau gratis ongkos kirim untuk pembelian berikutnya sebagai bentuk apresiasi.

4. Gunakan Livestreaming Sebagai Sarana Interaksi dengan Pelanggan

Dengan fitur livestreaming seperti LazLive di Lazada, Anda bisa mempromosikan produk Anda secara lebih dinamis. Livestreaming tidak hanya mempererat hubungan dengan pelanggan tetapi juga memberi kesempatan kepada mereka untuk bertanya langsung tentang produk. Saat meluncurkan produk baru atau dalam momen spesial, fitur ini bisa meningkatkan interaksi dan penjualan.

5. Ekspansi Pasar Dengan Mengikuti Program Afiliasi

Lazada Affiliate memungkinkan Anda mendapatkan tambahan penghasilan dari setiap penjualan yang berasal dari link yang Anda sebarkan, baik di media sosial maupun aplikasi pesan. Dengan menyebarkan link tersebut ke komunitas yang tepat, kesempatan Anda untuk mendapatkan lebih banyak penjualan pun akan meningkat.

6. Komitmen untuk Terus Belajar dan Berinovasi

Menjalankan bisnis di ranah digital memerlukan kesabaran dan usaha yang tak kenal lelah. Anda perlu terus memperbarui pengetahuan mengenai fitur dan trend e-Commerce serta keterampilan lainnya di dunia digital. Lazada University menyediakan berbagai materi pelatihan yang dapat membantu Anda memaksimalkan potensi bisnis Anda. Trainer dari Lazada University membagikan tips ini dalam acara pelatihan Naik KeLaz untuk para guru SMK di Cileungsi.

Bagikan

Tags

Rekomendasi