Leuwi Jurig, Wisata Alam di Garut yang Pesonanya Seperti Grand Canyon

Avatar photo

S. Ikrar

Leuwi-20Jurig-20Garut.webp

Jelajahi Leuwi Jurig, destinasi wisata alam di Garut yang menawarkan pesona alam serupa Grand Canyon dengan pemandangan lembah dan sungai yang memukau.

Ingin menantang adrenalin atau menikmati keindahan alam lokal? Wisata Garut Leuwi Jurig punya keduanya. Lokasi ini ada di Garut dan menjadi salah satu tujuan liburan yang punya tampilan seperti Grand Canyon versi lokal.

Jika Anda sedang berlibur ke Bungbulan, Garut, pastikan untuk mampir ke lokasi ini. Apa saja yang menjadi daya tariknya?

Daya Tarik yang Dimiliki Leuwi Jurig

Daya-20Tarik-20Leuwi-20Jurig-20Garut.webp
Foto: Google Maps/Dewi Gina

1. Keindahan Alamnya

Sebutan sebagai Grand Canyon memang bukan sekedar hoax. Lokasi wisata ini punya keindahan alam yang seakan diukir dengan sedemikian rupa demi penampilan yang begitu indah nan cantik.

Menariknya, lokasi wisata ini adalah mata air alami yang kemudian dilengkapi dengan tebing tinggi dan sungai yang berliuk.  Ditambah lagi area sekitarnya masih begitu bersih dan tak tersentuh, menghasilkan sebuah keindahan bak lukisan.

Jika digambarkan, lokasi wisata ini adalah panorama dengan kombinasi air biru toska, formasi tebing bebatuan, dan keasrian hutan sekitar. Tak heran jika lokasinya disebut dengan grand canyon mini yang indah di mata.

2. Birunya Air yang masih bersih

Seakan masih tak tersentuh, air dari lokasi wisata sungguh biru dan masih bersih. Bahkan, birunya air ini menggambarkan kedalaman sungai tersebut.

Warnanya biru tosca, sebuah warna campuran cantik yang memperlihatkan kejernihan air sungai ini sendiri. Dengan perpaduan warna biru, tebing batu, dan hijaunya hutan, lokasi ini layak jadi pemandangan foto rupawan.

3. Cerita Mistis Yang Menarik Rasa Penasaran

Dibalik keindahan suatu alam, tersembunyi cerita mistis dan mitos sekitar. Banyak yang menyebut bahwa lokasi ini adalah area angker, yang mana kental dengan cerita seram.

Baca Juga:  Maharani Zoo dan Goa, Objek Wisata Edukasi di Lamongan

Cerita ini menyebutkan bahwa area sungai tersebut akan selalu meminta tumbal nyawa, yang mencakup korban kecelakaan lalu lintas, hingga korban tenggelam.

Layaknya banyak area wisata lokal lainnya, cerita mistis ini justru menjadi daya tarik tersendiri. Banyak pengunjung yang justru tertarik untuk mencari dan melihat lokasi wisata ini.

Apapun cerita mistisnya, warga sekitar selalu menyarankan untuk berhati hati saat berkunjung. Baik itu dari jembatan atas tebing atau saat berenang di air.

Alamat dan Rute Menuju Lokasi

Cukup jauh dari pusat kota, lokasi wisata ini punya keindahan alam yang masih belum terjamah dengan maksimal. Lokasi tepatnya ada di kampung Rupit, kecamatan Bungbulang, Garut.

Untuk mencapai area, butuh setidaknya dua sampai tiga jam perjalanan. Meski demikian, rute untuk mencapainya cukup menyenangkan.

Anda bisa mulai dari Jakarta, Garut, atau Bandung. Yang penting adalah menuju ke arah Bungbulang. Dari kecamatan Bungbulan, pergi menuju arah Sasak Rumpit.

Nanti di Sasak Rumpit, tanyakan pada warga setempat secara langsung bagaimana cara mencapai area. Karena lokasi yang cukup jauh, ada baiknya untuk berkunjung menggunakan kendaraan pribadi.

Aktivitas Seru yang Dapat Dilakukan

Aktivitas-20Leuwi-20Jurig-20Garut.webp
Foto: Google Maps/Mpo Music Pilihan Official

1. Bermain Air Dan Berenang

Airnya yang masih jernih dan segar menarik pengunjung untuk bermain air dan berenang. Banyak pula yang berani menantang diri untuk loncat dari pinggir tebing tinggi dan menyelam.

Meski tampak tenang, perlu diperhatikan jika sungai ini cukup dalam mulai dari 1 sampai 10 meter. Hati hati jika warna air lebih gelap, karena pertanda lebih dalam dan air sungainya pun terbilang kencang.

2. Rafting Atau Arung Jeram

Mengingat air sungai yang cukup kencang, area ini juga jadi sasaran populer untuk rafting dan arung jeram. Tidak semua area bisa digunakan untuk aktivitas ini, jadi tidak sembarang orang bisa mencobanya.

Baca Juga:  Taman Suropati, Taman Indah dengan Perpaduan Seni & Budaya di Jakarta

Beruntungnya sudah ada petugas dan penyedia rafting dan arung jeram. Sehingga seluruh aktivitas, perlengkapan, dan keselamatan sudah terjamin.

3. Piknik Tipis Tipis

Jika tidak ingin bermain air, tidak ada salahnya untuk menikmati area dan piknik di sekitar sungai. Untuk aktivitas ini, Anda bisa membawa alas tikar dan bekal makanan sendiri. Pasalnya opsi warung masih cukup terbatas.

Membawa bekal juga bisa menjadi solusi berhemat saat berkunjung ke area ini. Pastikan saja untuk menjaga kebersihan lingkungan.

4. Berfoto

Tak lengkap jika berkunjung tanpa berfoto. Ada banyak spot foto cantik natural yang bisa jadi tempat berfoto. Anda bisa foto dari atas tebing mengarah ke sungai, berfoto di air sungai yang masih biru, atau menangkap foto keindahan alam tebing dan sungai yang sangat alami. Tapi ingat untuk terus menjaga keamanan diri.

Lokasi ini pun bisa dikatakan masih tersembunyi dan sepi. Alhasil, masih sedikit pengunjung yang datang. Alhasil, Anda bisa dengan lebih tenang berfoto dan bergaya bebas dengan pemandangan luar biasa.

Yang paling jadi andalan adalah berfoto dari atas tebing, dengan latar belakang sungai dan tebing yang berliuk dipadu warna tosca yang segar dipandang.

Fasilitas Wisata yang Tersedia

Alamat-20Leuwi-20Jurig-20Garut.webp
Foto: Google Maps/Vman The Kurir

Pada dasarnya, lokasi dan perkembangan pariwisata di Leuwi Jurig memang belum maksimal.  Fasilitasnya pun cenderung minim. Bahkan hanya terdapat lapangan parkir sebagai fasilitas utamanya.

Pada dasarnya lokasi ini masih belum tersentuh dan dioptimalkan untuk kebutuhan pariwisata. Namun masih ada fasilitas dasarnya.

Seperti toilet, mushola, hingga warung kecil untuk mengisi perut. Karena itu para pengunjung pun akan selalu dianjurkan untuk lebih berhati hati saat berkunjung.

Hal ini juga tidak terlepas dari fakta bahwa terdapat beberapa kali kecelakaan yang merenggut nyawa. Pastikan untuk menjaga sikap, ucapan, dan aktivitas selama berkunjung.

Baca Juga:  10 Destinasi Populer di Jogja Dekat Malioboro

Rana wisata alam dan bahari di Indonesia memang tidak ada habisnya. Di Garut, tepatnya di Bungbulan, tujuan wisata air mata alami ini jadi lokasi seru untuk bermain air dan menikmati keindahan alam.

Lokasinya cukup jauh dari pusat kota, dan bisa menjadi lokasi penghilang penat dengan ragam aktivitas seru nan menantang. Yuk segera mampir!

Bagikan

Tags

Rekomendasi