5 Pentingnya Proses Serah Terima Hunian


Proses serah terima rumah tak hanya sekedar tanda tangan berkas. Ini adalah langkah penting yang menentukan kepuasanmu atas rumah impian yang telah kamu beli. Meskipun kamu tengah dibanjiri perasaan gembira, tetaplah kritis dan teliti saat meninjau rumah.


1. Pantau Ketat Kondisi Dinding

Sebelum resmi menerima kunci rumah, pastikan untuk menelusuri setiap sudut dan sisi rumah dengan seksama. Dinding, sebagai unsur penting rumah, harus mendapat perhatian khusus. Amatilah apakah ada gelombang, retak, atau bercak pada dinding yang mengindikasikan masalah.


Selain itu, pastikan cat dinding memiliki kualitas yang baik, dengan permukaan yang halus dan seragam. Periksa juga area transisi antara dinding dan fitur lain seperti kusen untuk memastikan cat diterapkan dengan baik.


2. Lantai Harus Dalam Kondisi Terbaik

Jangan abaikan bagian lantai. Setiap ubin atau keramik harus diperiksa. Apakah mereka terletak dengan rapi? Pastikan tidak ada keramik yang longgar atau berbunyi hollow ketika diketuk. Jika kamu menemukan kerusakan atau ketidaksempurnaan, sampaikan keberatanmu kepada developer atau penjual.


3. Pastikan Semua Peralatan Berfungsi

Tak kalah penting, pastikan semua fitur dan peralatan di rumah bekerja dengan sempurna. Baik itu pintu, jendela, atau perangkat lainnya. Uji buka-tutup pintu dan jendela beberapa kali untuk memastikan engsel dan kusen berfungsi dengan baik. Juga, pastikan setiap kunci bekerja dengan sempurna untuk menjamin keamanan rumahmu.


Dengan memperhatikan hal-hal di atas, kamu akan memastikan bahwa proses serah terima rumah berjalan mulus tanpa hambatan. Ingat, rumah adalah investasi jangka panjang. Sebaiknya lakukan pemeriksaan dengan teliti agar nantinya kamu dapat menikmati hunian dengan nyaman dan tanpa kekhawatiran.


Selain itu, ingat untuk menghidupkan lampu, periksa stopkontak, dan buka keran atau shower di rumah untuk memastikan segalanya berjalan normal. Jika terdapat kendala, segera beritahu developer agar dapat diperbaiki secepatnya.


4. Evaluasi drainase kamar mandi

Penting juga untuk memastikan drainase kamar mandi berfungsi optimal. Cobalah buka keran air, lalu amati aliran air menuju lubang drainase.


Air seharusnya harus mengalir dengan mudah. Tetapi, bila aliran air tersendat atau bahkan tergenang, ini mungkin menandakan adanya hambatan atau isu pada sistem drainase.


5. Tinjau dokumen dengan saksama

Sebelum menandatangani dokumen serah terima, pastikan Anda telah memeriksa seluruh dokumen dengan seksama. Termasuk di dalamnya adalah sertifikat kepemilikan, surat-surat legal, dan dokumen terkait lainnya.


Pastikan semua dokumen legal dan bebas dari potensi masalah hukum di masa mendatang. Jika Anda ragu atau memiliki pertanyaan, mintalah saran dari notaris untuk mendapatkan petunjuk yang benar.


Tujuan dari pengecekan rumah saat serah terima adalah untuk memastikan semuanya dalam kondisi prima. Lakukanlah pengecekan ini bersama dengan pihak developer atau agen properti agar mereka dapat menyaksikannya secara langsung. Hal ini memudahkan Anda untuk mengemukakan keluhan jika menemukan sesuatu yang tidak sesuai atau bermasalah.

Load comments

0 Comments