Penyebab Perang Korea Utara - Korea Selatan (Kronologis)

Penyebab Perang Korea Utara - Korea Selatan (Kronologis)

Kronologis Perang Korea Utara – Korea Selatan. Tahun 2010 ini menjadi saksi pecahnya kembali perang dua Korea (Korut Vs. Korsel), yang sebelumnya pernah terjadi pada tahun 1950. Kemarin (23/11/2010), pihak Korea Utara melepaskan 200 artileri menuju Pulau Yeonpyeong, yang diperebutkan, dan detailnya sebagai tindakan balasan terhadap Korea Selatan.

Untuk sementara, rilis penyebab meledaknya perang Korea Utara Vs Korea Selatan terdiri dari 2 versi. Informasi versi Korut, pihak Korsel bersikeras menggelar latihan militer pada selasa sore di wilayah sengketa sekitar puluhan kilometer dari pulau Yeonpyeong dan mengabaikan peringatan dari Korut.

Latihan militer tersebut diduga sengaja memancing suasana panas kedua Korea, sehingga semula Korut telah mengerahkan militer untuk memukul mundur latihan militer yang sifatnya provokasi itu. Langkah ini diambil untuk menekan para provokator.

Pihak Korut menambahkan, jika pihak Korsel berani mengganggu ke perairan DPRK (Korea Utara) maka pihaknya akan mengambil langkah militer. Peringatan itu sudah berulangkali disampaikan kepada pihak Korsel.

Sedangkan Versi Korsel menyalahkan pihak Korut, yang terlebih dahulu meluncurkan roket ke arah Korsel saat berlangsungnya latihan perang sehingga memancing keadaan memanas dan terpaksa Korsel memberikan tindakan militer balasan.

Serangan artileri Korut tersebut menyebabkan 2 tentara Korsel tewas dan beberapa sipil terluka parah. Pihak Korsel juga menambahkan bahwa serangan pelanggaran tersebut merusak sejumlah rumah di Pulau Yeonpyeong, milik Korsel.

Di sisi lain, penilaian pengamat akan serangan Korut hanya sebagai bentuk cari perhatian terhadap public akan kekuatan militernya, saat pergantian kekuasaan dari Kim Jong-il kepada anaknya Kim Jong-un.

Description: Penyebab Perang Korea Utara - Korea Selatan (Kronologis)
Rating: 4.5
Reviewed by: Admin Blog
On: 10:23 AM

7 comments

sama sama Korea kok bisa sampai bersitegang kyk gitu, semoga perang dunia ke 3 tidak terjadi

moga z perang dunia k 3 terjadi d benua amerika dan afrika.. asia jangan..

KnPa ciEh keduA korEa nie BermusuHan??pAdahal mereka inI meruPakan AtaS nama KorEa??

oh jadi itu penyebabnya .

thanks gan atas infonya

Perang ajj dhh sana ,biar kmu pada mati dasar buloyong

Kalo mereka perang, indonesia otomatis juga ikut kena dampaknya.
Kalo perang dunia 3 terjadi, asia juga, apalagi indonesia, sudah pasti hancur
Indonesia masih dibawah standar militernya, oke negara kita pernah menang perang, tapi itu jaman dulu, berkat perjuangan rakyat, sekarang rakyat indonesia sudah menjadi malas dll, jika ada serangan kita pasti kemungkinan besar kalah, negara lain sudah punya nuklir masing2, sedangkan indonesia, pesawat tempur aja bekas dan dipake latihan hancur. Kita cuma bisa berdoa supaya perang dunia 3 tidak terjadi

Indonesia serangan santet, wkwkwk

TOP